Minggu, 10 Oktober 2010

TUGAS SOFTSKILL (Pengantar Bisnis)

10 Tips Bisnis

oleh Mr Salut
Berikut ini 10 langkah yang bisa memandu pebisnis menyusun bisnis dam membuatnya sukses.
1. Kerjakan apa yang Anda sukai. Anda akan mencurahkan banyak waktu dan energi untuk memulai sebuah bisnis dan membangunnya menjadi usaha yang berhasil, jadi sangat penting bahwa Anda sangat menikmati secara mendalam apa yang Anda kerjakan, apakah menjalankan sewa pemancingan, mengkreasikan tembikar atau memberikan nasehat keuangan.
2. Mulai bisnis Anda ketika Anda masih bekerja. Berapa lama paling banyak orang bisa tanpa uang? Tidak lama. Dan ini akan menjadi waktu yang lama sebelum bisnis baru Anda benar-benar membukukan keuntungan. Menjadi karyawan ketika memulai bisnis berarti ada uang di saku ketika Anda memasuki proses memulai bisnis.
3. Jangan kerjakan hal tersebut sendirian. Anda membutuhkan dukungan ketika memulai bisnis (dan setelahnya). Seorang anggota keluarga atau teman yang dapat memberikan ide dan akan mendengat secara simpatik hingga hal penting tarakhir memulai bisnis tidak ternilai harganya.
4. Pertama dapatkan klien atau pelanggan. Jangan menanti sampai Anda telah secara resmi memulai bisnis hingga garis ini, karena bisnis Anda tidak dapat bertahan tanpa mereka. Kembangkan jaringan atau network, buat kontak. Jual atau berikan produk atau jasa Anda. Anda tidak dapat memulai pemasaran terlalu cepat.
5. Tulis perencanaan bisnis. Alasan penting membuat rencana bisnis adalah langkah ini dapat membantu Anda menghindari habisnya waktu dan uang mwmulai bisnis yang tidak akan sukses.
6. Lakukan riset. Anda akan mengerjakan banyak penelitian sepanjang rencana bisnis, tetapi itu barulah awalnya. Anda untuk menjadi ahli dalam industri Anda, produk dan jasa. Jika Anda telah selesai. Bergabung pada asosiasi industri atau profesional yang berhubungan dengan bisnis Anda sebelum memulai bisnis merupakan ide yang bagus.
7. Dapatkan bantuan profesional. Di satu sisi, hanya karena Anda menjalankan bisnis kecil, bukan berarti Anda harus menjadi ahli di bidang apa pun. Jika Anda bukan seorang akuntan, hire lah satu atau dua orang misalnya. Jika Anda ingin menulis kontrak, dan Anda bukanlah seorang lawyer, hire lah 1 orang. Anda akan membuang lebih waktu dan munkin juga uang untuk mencoba melakukannya sendiri pekerjaan dimana Anda tidak memiliki kualifikasi untuk mengerjakannya.
8. Dapatkan uang. Simpan jika harus, mendekati investor potensial dan pemberi pinjaman. Gambarkan perencanaan keuangan jatuh ke belakang. Jangan mengharapkan memulai bisnis dan kemudian berjalan ke dalam bank dan mendapatkan uang. Pemberi pinjaman tradisional tidak seperti ide baru dan tidak seperti bisnis tanpa pembuktian track records.
9. Jadi lah profesional semenjak memulai. Segala sesuatu tentang Anda dan cara Anda menjalankan bisnis membuat orang-orang tahu bahwa Anda seorang profesional yang menjalankan sebuah bisnis yang serius. Ini berarti mendapatkan semua pelrengkapan seperti kartu bisnis profesional, telepon bisnis, dan alamat email bisnis, dan memperlakukan orang secara profesional, cara yang sopan.
10. Jalankan hukum dan keluarkan pajak dengan benar pada kali pertama. Hal tersebut lebih sulit dan lebih mahal dibandingkan mengerjakannya setelah itu. Apakah bisnis anda butuh teregistrasi? Akankah Anda harus memiliki asuransi untuk karyawan atau deal dengan pajak gaji? Akan bagaimana bentuk bisnis yang Anda pilih mempengaruhi situasi pajak pendapatan Anda? Pelajari kewajiban pajak dan hukum sebelum Anda memulai bisnis dan mengoperasikannya.
sumber: smbzone.indiatimes.com, ebezpte.wordpress.com


Peluang Usaha - Rental mobil rumahan

oleh Victorbuana


Sebenarnya bisnis rental mobil rumahan ini sudah banyak di masyarakat, jadi mereka yang memiliki mobil niaga berkapasitas penumpang banyak, (misalnya xenia, avanza, panther, kijang dan sebagainya) juga menerima carteran pada hari-hari tertentu.


Peluang ini sebenarnya sangat menguntungkan, saya sendiri sudah menjalankannya tahun 2009 ini.
Beli mobil tanpa perlu mengangsur.

Dengan menjalankan usaha rental mobil rumahan ini, bisa dibilang Anda membeli mobil hanya keluar DP, tanpa perlu mengangsur. Begini misalnya, Anda membeli mobil Xenia yang standard (ada AC, tape), DP 15-20 jt, dengan tenor 3 tahun, angsuran Anda sekitar 3 jt per bulan.

Dari situ berarti tiap bulan Anda tinggal mengangsur 3 jt, asumsi harga sewa sekitar 300rb tanpa sopir, dan 400rb dengan sopir per hari, maka tiap bulan mobil Anda hanya harus "bekerja" 10 hari. yang 20 hari bisa dipakai sendiri.

Berdasarkan pengalaman saya selama ini, dalam 1 bulan, rata-rata disewa 15-20 hari, bahkan kemarin itu pada saat musim pengantin, mobil tidak pernah dirumah, bahkan saya sampai menolak beberapa permintaan sewa.
Pemilihan jenis mobil

Ini berdasarkan survey saya sendiri di kota tempat tinggal saya, mobil yang paling laku disewa adalah xenia dan avanza, kalau menggunakan APV, penyewa banyak yang ndak mau, ada yang bilang karena kemudinya tegak seperti truk, kalau xenia dan avanza nyetirnya seperti sedan. Kalu kijang, boros di bensin apalagi yang innova, panther banyak yang tidak suka bau solarnya.

Dilihat dari sisi jumlah penumpang, xenia dan avanza meski dari luar kelihatannya kecil, tetapi diisi 7 orang masih muat, sama dengan mobil-mobil diatas. malah karena kecil itu, banyak yang suka karena lincah.

Kenapa xenia?
sebenarnya yang paling banyak dicari adalah avanza, tetapi xenia dan avanza harganya beda jauh sekali, sedangkan tarif sewanya cuma selisih 50rb. sedangkan penyewa kalau mencari avanza, tetapi anda adanya xenia, hampir bisa dipastikan mereka mau saja.

kenapa harus baru?
sbenarnya tidak harus baru, jika anda sudah ada mobil di rumah, anda bisa menggunakan mobil anda itu, tetapi jika harus membeli, maka saya sarankan sebaiknya baru saja, karena mobil baru dalam 3 tahun pertama tidak memerlukan perawatan besar. kedua, pihak asuransi akan lebih suka jika kliennya adalah mobil baru. ketiga, penyewa pastinya lebih memilih mobil baru. dan meski harganya lebih mahal yang baru, tetapi anda akan mendapatkan fasilitas kredit jika membeli mobil baru.
Keamanan mobil.

Ini penting sekali untuk menjaga aset Anda, apalagi jika anda menggunakan sistem sewa tanpa sopir :
  • Pertama, anda harus menggunakan asuransi all risk, jadi segala resiko akan dicover asuransi, Anda bisa menkonsultasikan dengan agen asuransi, meski keluar biaya lebih banyak, tetapi yang penting aset Anda aman.
  • Kedua, pasang GPS, saat ini banyak sekali dijual GPS untuk mobil, jadi bentuknya seperti kotak kecil, bisa ditaruh di tempat tersembunyi dalam mobil Anda, setelah itu dari depan komputer anda dirumah anda bisa melihat kemanapun mobil anda dibawa pergi, bahkan ada yang memiliki fitur record log, yaitu semua perjalanan dicatat, mulai dari rute, waktu, dan sebagainya. alat ini dijual dipasaran dengan harga 2-4juta.
  • Ketiga, hindari sewa perorangan dalam jangka waktu lama. Banyak kejadian mobil anda disewa lama, ternyata oleh penyewa, mobil anda digadaikan, atau kadang disewakan lagi ke orang lain dengan tarif diatas tarif Anda.untuk menjaga hal ini bisa dilakukan dari pengamatan melalui GPS, misal di GPS terlihat mobil ada di kota Bandung, tetapi penyewa anda hubungi mengatakan mobil ada di semarang, ini bisa segera ditindaklanjuti.
Sistem pemasaran

Sebenarnya hal ini sangat mudah, anda tidak akan mengalami kesulitan dalam memasarkan mobil anda, ini karena banyak sekali orang yang berminat menyewa mobil, sedangkan mobil sewaan tidak banyak jumlahnya, ditambah lagi jika mobil anda baru, pasti banyak sekali yang berminat menyewanya.

Anda bisa juga menerapakn strategi ini, yaitu beritahu semua teman kantor anda, rekan kerja, tetangga, kenalan dan sebagainya tentang rental anda itu, taruh brosur di tempat usaha anda, atau jika perlu anda bisa beriklan di radio
kota anda.

Tetapi jika mobil anda hanya satu, sebenarnya anda tidak perlu melakukan itu, saya yakin dari pemasaran mulut ke mulut saja anda pasti sudah akan kesulitan menolak permintaan sewa.
Peluang lain

Saat ini banyak sekali perusahaan yang berminat menyewa kendaraan, jika Anda memutuskan menyewakan kepada mereka, sebaiknya Anda memiliki lebih dari satu kendaraan sewa sejenis, dan pilihlah perusahaan yang besar, misalkan provider komunikasi, perbankan dsb..

keuntungan disewa perusahaan adalah mereka menyewa dalam jangka waktu lama (+/- 3 bulan per periode), tetapi kekurangannya ada juga, antara lain harga sewa lebih rendah, misal anda menyewakan pada orang langsung 300rb tanpa sopir, maka di perusahaan biasanya sekitar 200rb per hari. yang kedua, jika mobil anda rusak, maka anda hari itu juga harus mengirimkan mobil pengganti, oleh sebab itu sebaiknya anda memiliki lebih dari 1 mobil sewa.
Di mana keuntungannya?

Jika dalam sebulan selama 3 tahun anda hanya bisa menyewakan 10 hari per bulan, maka anda hanya akan bisa menutup angsuran bulannanya, nah, kalau seperti itu keadaannya, maka pada akhir masa angsuran, anda akan memiliki mobil itu sepenuhnya, dengan asumsi harga jual xenia dalam 3 tahun kedepan masih sekitar 75-85jt, dikurangi DP 20jt = +/- 60jt, atau 20jt per tahun, itu berarti sekitar 1,6jt / bln. lumayan
kan?

belum lagi dalam waktu 3 tahun itu bisa dibilang anda memiliki mobil pribadi, sekaligus juga memiliki perusahaan rental mobil... keren juga... :D
bagi rekan-rekan yang belum memiliki mobil, ini bisa dibilang sangat menarik, apalagi bagi yang belum menikah, harga diri anda akan meningkat drastis dimata calon mertua Anda. hehehehe...



Warnet murah – usaha di rumah sendiri


Seperti kita ketahui bahwa internet sudah menjadi kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat Indonesia. Karena disanalah tempat dunia informasi, hiburan, tempat belajar, bahkan tempat untuk bersosialisasi antar teman. Karena sangat banyaknya manfaat yang didapat dari internet, masyarakat Indonesia mulai menyadarinya. Bahkan pemerintah telah menggalakkan internet masuk desa. Dengan begini jumlah pengguna internet di Indonesia pun terus bertambah pesat. Menurut APJI (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), saat ini pengguna internet di Indonesia mencapai 30 jt jiwa, dan ini terus bertambah setiap tahunnya.
Pengguna jasa internet pun tidak terbatas kalangan tertentu. Mulai dari anak-anak, hingga dewasa dan penggunaanya sangat luas, mulai dari hanya mencari sekedar informasi, bermain game online, mencari tugas sekolah, hingga mengerjakan tugas kantor. Dan perkembangan internet itu tiada batasnya, jadi sampai kapanpun internet akan terus dibutuhkan oleh manusia, termasuk Indonesia.
Nah, peluang inilah yang harus kita tangkap. Dengan mendirikan usaha warnet murah (Warung Internet) tidak juga kita mendapatkan untung, kita pun juga mensosialisasikan internet kepada masyarakat. Jadi jangan sampai kita ketinggalan, dan hanya melihat orang lain memetik buahnya sementara kita hanya sekedar melihat.

Strategi Penempatan Lokasi

Kami melihat, bahwa trend warnet adalah di perumahan-perumahan dan bukan lagi di jalan-jalan besar. Ternyata banyak warnet di jalan-jalan masuk perumahan dan di gang-gang yang dapat bertahan lebih lama bahkan mendapatkan untung yang lumayan. Justru kadang warnet-warnet di jalan besar yang lebih sering termakan ketatnya persaingan. Ini kami lihat disebabkan oleh beberapa hal.
  1. Pelanggan lebih senang jika ada usaha warnet yang dekat dengan rumahnya. Daripada harus mengeluarkan waktu, uang, bahkan tenaga untuk datang ke warnet yang jauh, alangkah lebih enak kalau dengan jalan kaki kita sudah dapat sampai ke warnet.
  2. Penghematan biaya operasional bulanan. Jika di garasi atau rumah sendiri akan jauh menghemat biaya operasional seperti sewa tempat bulanan yang semakin mahal (belum lagi jika diusir karena berbagai alasan), dan biaya operator (pembantu bisa dijadikan operator atau jika kita ingin menjaga sendiri dirumah).
  3. Warnet akan selalu terjaga dan terawat. Karena usaha adalah di rumah sendiri, otomatis kita akan selalu dapat memantau aktivitas usaha. Kita dapat menjaga kebersihan dan mengontrol bisnis warnet dengan lebih seksama.



Internet Sebagai Tempat Untuk Menghasilkan Uang Dengan Mudah

Wahai kawan, Internet bisa dijadikan peluang untuk “mendulang” atau menghasilkan uang. Dunia maya yang satu ini tidak hanya bisa dijadikan tempat untuk bermain game seperti yang selalu dilakukan banyak orang. Internet bisa mendatangkan uang dengan mudah itu nyata dan saya telah membuktikan. Banyak orang yang datang ke internet untuk membuktikan apakah benar internet bisa menghasilkan uang Rupiah atau bahkan dollar. Terlepas dari apakah mereka berhasil atau tidak, tapi yang jelas internet telah mengkayakan banyak orang.
Ini yang saya alami. Bisnis online telah memberikan banyak peluang bisnis untuk saya dan telah banyak saya belajar dari internet. Apakah saya telah menjadi orang kaya dari internet? Bagi saya kaya itu relatif. Dari segi ilmu bisnis mungkin bisa juga saya dikatakan kaya. Karena sudah banyak pengetahuan saya tentang bisnis online. Kalau secara materi mungkin masih belum. Tapi yang paling utama kan ilmunya dulu. Banyak ilmu banyak teman, itulah mungkin rizki yang tiada taranya.
Baiklah kawan, akan saya ingin paparkan beberapa peluang bisnis online yang mungkin layak untuk dijadikan gambaran dan acuan bagi siapa saja yang ingin menghasilkan uang dari internet.
1. Google Adsense. Tahu google khan? Ia adalah mesin pencari terbesar di Internet. Google sebagai mesin pencari terbesar di internet tentu banyak menghasilkan uang dari para pemasang iklan. Nah kemudian google berbagi penghasilan dengan kita. Cara kerjanya adalah kita memiliki sebuah blog, kemudian didaftar ke google adsense, setelah diterima kita masukkan kode iklan adsense di web atau blog kita. Nah jika iklan-iklan tersebut ada mengeklik maka tiap kliknya akan menjadi penghasilan kita. Di dalam bisnis online ini lazim disebut Program PPC atau Pay per Click. Mudah khan. PPC di Indonesia sekarang sudah mulai menjamur. Di antaranya yang saya ikuti adalah PPC Kumpulblogger dan Negeriads.com. Silahkan anda bergabung jika mau mencoba.
2. Program Bisnis Paid review. Program ini membayar kita apabila kita mereview blog atau web orang lain. Kayak orang memberikan resensi sebuah buku gitu. Jadi kita punya blog, lalu ada pemilik web yang melihat web blog kita sangat potensial karena banyak pengunjungnya. Bagi mereka pemilik web blog, pasang iklan di blog yang banyak pengunjung adalah sangat potensial untuk membuat web blog mereka terkenal. Dan ini sangat disukai oleh para pemilik web atau blog. Lalu mereka minta agar blog mereka direview. Dan mereka akan membayar kita karena review kita tersebut.
3. Program Bisnis Jualan Link. Dalam dunia internet jualan link disebut sell link. Caranya adalah Kita mendaftarkan blog kita. Lalu jika blog kita bagus dan banyak pengunjung, maka advertiser akan datang untuk pasang link-link mereka di blog kita. Nah, jika ada yang order untuk pasang iklan link, maka kita akan dapat bayaran. Ya, kita tinggal ongkang-ongkang kaki, tidur, ada yang membayar kita.
4. Program bisnis affiliasi internet. Program affliasi ini bagi saya seperti layaknya makelar. Kita jadi member dari sebuah program affiliasi kemudian jika kita berhasil menjual produk yang mereka jual, maka kita akan dapat komisi.  Komisi sesuai dengan kebijakan yang perusahaan itu. Ada yang komisi untuk member 10%, ada yang 20% dan lain-lain.
Bagaimanapun cara dan peluang untuk menghasilkan uang dari internet sebenarnya banyak sekali. Itulah yang saya tahu. Jika sobat berminat untuk berbisnis di internet saya ajak kawan untuk mengunjungi blog saya di http://bisnis-muktiplaza.blogspot.com atau bisa juga cari informasinya di google.co.id dengan kata kunci bisnis online. Banyak kok Blogger yang telah ahli dan expert memberikan ilmu dan tipsnya kepada kita. Tinggal kemauan dan semangat kita untuk mencoba dan praktek. Ilmu kan teori. Jadi harus praktek. Ilmu tanpa praktek maka tidak akan berarti apa apa. Setuju…?




Untuk memulai usaha konter HP yang paling awal adalah dimulai dari tahap yang paling sederhana lebih dahulu. Anda tidak perlu mengeluarkan uang berjuta-juta untuk memulai usaha ini. Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari orang-orang sukses, mereka rata-rata memulai usahanya dari 0 (nol).
Sebelum anda melangkah dengan segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan HP, maka yang harus anda siapkan adalah HP. Modal Pokok untuk memulai bisnis ini adalah anda harus memiliki HP. Jika anda sudah punya HP anda sudah bisa memulainya sekarang.
Jumlah pengguna handphone terus saja bertambah. Kebanyakan dari pengguna ini memakai kartu prabayar, dan tentu saja memerlukan pengisian pulsa. Nah, seiring pertumbuhan pengguna HP ini, konter penyedia isi ulang pulsa juga terus bermunculan.
Jumlah pelanggan selular di Indonesia sepanjang 2005 saja sudah 45 juta orang. Sedangkan di tahun 2006 diperkirakan ada 59 juta orang dan 2007 ada 73 juta orang. Demikian pemaparan Sudanang Dananjaya, pendiri Lembaga Pendidikan Teknologi Terapan Indonesia (LPTTI) dalam workshop praktis yang diselenggarakan Tabloid Bisnis Uang dengan tema ‘Kiat buka counter selular plus service handphone’ di Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, Sabtu (18/2).
Dengan demikian anda bisa memulai bisnis ini cukup dengan menyediakan pulsa untuk HP dengan multi operator (telkomsel, indosat, xl, fren, flexi, esia, smart, ceria, three). Agaranda tidak direpotkan dengan pemeliharaan kartu chip yang bermacam-macam maka sebagai pemula sebaiknya anda memakai chip Multi Operator yaitu 1 kartu bisa untuk mengisi semua kebutuhan pulsa semua operator.
Kemana anda harus membelinya? Carilah dealer pulsa yang benar-benar dipercaya. Anda juga bisa menghungi PRISMA yang menyedikan 1 chip untuk segala operator dengan mudah, sms aja ke 08563160311 atau klik www.rpulsa.com
Apabila anda sudah cukup laris manis dalam penjualan pulsa yang dilakukan tanpa membuka kios, maka agar pembeli mudah mencari pulsa sebaiknya anda sudah harus memikirkan tempat yang menetap untuk usaha anda.
Berikut ini tips yang berkaitan dengan syarat pembukaan Konter yang harus dipenuhi:
1. Pemilihan lokasi.
Lokasi bisa dilakukan di mall, toko pinggir jalan, atau bahkan di rumah sendiri.
2. Papan nama dan papan harga
Papan harga memang menjadi daya tarik pembeli untuk melihat outlet kita. Kalau dirasa harga yang dipasang lebih rendah atau relatih murah, maka dijamin pembeli mau mampir.
3. Spanduk/umbul-umbul
Spanduk, umbul-umbul dan pajangan merupakan daya tarik pembeli. Untuk mendapatkannya anda bisa meminta Grapari Telkomsel atau ke Galery Indosat.
4. Etalase
Ukuran etalase harus disesuaikan dengan lebar kios atau design outlet kita. Ukuran yang standard sekitar 1,5 meter. Bisa didapatkan di toko kaca atau jika anda ingin hemat bisa cari etalase 2nd di pasar loak dengan kondisi yang masih layak tentunya.
Setelah anda memiliki Kios Konter yang menetap, anda bisa melengkapi dengan berbagai kebutuhan handphone, mulai dari Kartu Perdana, voucher fisik isi ulang, dan berbagai aksesoris handphone. Memang kebutuhan konsumen akan aksesoris tidaklah sebesar voucher, namun bila laku, untungnya pun lumayan.Anda bisa menyediakan batery untuk HP atau kalo memang ada modal, anda bisa menambahkan berbagai layanan download ringtone, lagu, wallpaper bahkan cetak photo dari HP.
Selamat memulai usaha semoga kesuksesan menyertai anda!
http://prismajaya.wordpress.com/2008/08/10/cara-pinter-buka-counter-hp/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar